Pertemuan #1 – UI/UX Sintech 2025]

Kickoff! Penuh Semangat & Kenalan Seru
Tanggal: Senin, 14 April 2025
Waktu: 15.30 – 17.00 WIB (100 menit)
Lokasi: Lab. Sistem Komputer & Jaringan – FST UIN Walisongo
Pembukaan dan Kenalan Seru
Pertemuan pertama program studi klub UI/UX Sintech akhirnya resmi dimulai!
Suasana di Lab. Sistem Komputer dan Jaringan terasa hangat, penuh antusiasme dari para peserta yang hadir tepat waktu dan siap menyerap ilmu.
Kegiatan dibuka oleh PIC UI/UX dan mentor, diawali dengan sesi perkenalan peserta. Masing-masing memperkenalkan nama, minat di bidang UI/UX, serta motivasi mereka ikut program Sintech. Ada yang ingin belajar bikin tampilan aplikasi, ada juga yang tertarik jadi UX researcher. Seru banget karena ternyata banyak peserta yang udah pernah utak-atik Figma walau masih otodidak!
Materi Inti: Pengenalan UI/UX & Tools Dasar
Setelah sesi kenalan, mentor langsung menyampaikan materi pengantar tentang apa itu UI dan UX. Penjelasan disampaikan dengan ringan dan interaktif, membedakan peran antara desainer UI (User Interface) dan UX (User Experience).
Beberapa poin yang dibahas:
- Pengertian UI vs UX
- Pentingnya desain berbasis pengguna
- Alur kerja desain digital
- Studi kasus dari aplikasi populer
Kemudian, peserta diajak mengenal tools dasar yang digunakan desainer UI/UX, seperti:
- Figma – untuk desain dan prototyping
- Miro – untuk brainstorming ide dan user flow
- Google Forms & Notion – untuk riset & dokumentasi
Mentor juga memberikan contoh sederhana cara membuat frame dan wireframe pertama di Figma. Beberapa peserta langsung penasaran dan mulai mencoba sendiri di laptop masing-masing.
Suasana dan Partisipasi
Suasana belajar terasa santai namun fokus. Beberapa peserta aktif bertanya tentang "perbedaan UI mobile dan website", serta "bagaimana UX bisa diuji coba". Hal ini menunjukkan semangat eksplorasi yang tinggi dari peserta, bahkan di pertemuan pertama.
Selain itu, mentor juga menantang peserta untuk menyusun sketsa kasar tampilan login aplikasi yang biasa mereka gunakan. Ini jadi pemanasan untuk tugas-tugas mendatang!
Penutup & Harapan ke Depan
Pertemuan ditutup dengan review singkat dari mentor, serta pengumuman bahwa minggu depan peserta akan mulai masuk ke pembuatan wireframe dan komponen UI dasar.
Semua peserta diminta untuk mulai mengenal lebih dalam Figma di rumah, dan mencari aplikasi yang mereka sukai untuk dijadikan studi kasus desain.
Kesimpulan
Pertemuan pertama berjalan sukses dan memberikan pondasi yang kuat untuk peserta memahami dunia UI/UX.
Dengan semangat kolaborasi dan keinginan belajar yang tinggi, pertemuan-pertemuan selanjutnya dipastikan bakal lebih seru dan produktif.
Sampai jumpa di pertemuan ke-2 minggu depan!
Terus semangat dan jangan takut ek
splor desainmu!
-
SYARIFUDIN17 Mei 2025 pukul 07.27ProfilSYARIFUDINBerkata: keren bangetLihat profilkeren bangetBalas